Usaha Sampingan Karyawan di Rumah

Usaha Sampingan Karyawan di Rumah

Usaha Sampingan Karyawan di Rumah - Usaha sambilan untuk karyawan yaitu suatu hal yang wajar serta tidak dilarang oleh perusahaan. Sayangnya, banyak karyawan yang belum juga mulai usaha sampingannya karna argumen modal. 

Banyak pula karyawan yang berasumsi mesti mempunyai modal besar untuk menggerakkan satu usaha sambilan. Tidak heran, sebagian dari mereka meminjam uang ke bank jadi modal usaha. 



Besar peluang, bila tidak dikelola dengan baik, utang itu juga akan membebani usahanya. 

Ujung-ujungnya, bukanlah pendapatan penambahan yang didapat, tetapi stres serta pusing karna mesti membayar angsuran serta bunga utang itu. 

Kabar baiknya, Kamu dapat menggerakkan usaha sambilan dengan modal kecil. Tersebut 10 inspirasi usaha sambilan yang butuh Rp 10 juta atau kurang untuk mengawalinya. 

Ide Usaha Sampingan Kreatif Karyawan

1. Layanan Laundry 

Saat ini beberapa orang yang menginginkan serba praktis, tidak kecuali dalam soal membersihkan serta menyetrika pakain. Ini yaitu kesempatan untuk Kamu yang menginginkan mulai layanan laundry. 

Supaya untungkan, hal awal yang butuh Kamu pikirkan yaitu market share. Baiknya mencari tempat yang banyak mahasiswa serta karyawan swasta (atau pegawai negeri sipil). 

Kenapa? Karna mahasiswa serta karyawan yaitu pangsa paling besar layanan ini. 

Dengan hal tersebut, tidaklah heran bila keuntungan yang juga akan Kamu dapatkan sebesar 15%-25% (anggapan tarif laundry Rp 4. 000 s. d Rp 6. 000 per kg). 

Untuk masalah modal, Kamu cukup miliki uang Rp 10 juta. Terlebih, berdasar sebagian artikel yang aku baca, Kamu dapat mengawalinya dengan modal Rp 7, 5 juta saja. 

Uang itu setengahnya untuk beli satu mesin pencuci satu tabung automatis serta satu mesin pengering. 

Setengahnya sekali lagi untuk beli piranti pendukung (umpamanya timbangan, plastik, serta setrika) serta upah seseorang pegawai (Rp 500 ribu s. d Rp 1 juta per bulan). 

2. Jual pulsa elektrik 

Jual pulsa adalah inspirasi usaha yang menjajikan karna meningkatnya pemakai handphone. Beritanya, seseorang pelaku bisnis pulsa di Jakarta mempunyai omset Rp 20 triliun satu tahun. 

Bila Kamu menginginkan melakukan bisnis pulsa, Kamu dapat pilih pulsa elektrik jadi step awal. Terkecuali tidak berupa kartu yang butuh tempat, pulsa elektrik diaktifkan lewat telepon genggam Kamu hingga relatif tidak merepotkan. 

Untuk mulai usaha pulsa elektrik, modal yang Kamu siapkan sedikit, yakni sekitar dari Rp 1 juta s. d Rp 3 juta. Calon customer Kamu dapat saja rekan sepekerjaan atau tetangga tempat tinggal Kamu. 

3. Jual makanan untuk sarapan 

Sediakan makanan untuk sarapan adalah inspirasi usaha sambilan yang menjanjikan untuk Kamu. Hal semacam ini karna banyak karyawan yang kewalahan sediakan sendiri sarapannya. 

Menariknya sekali lagi, Kamu dapat memakai halaman depan tempat tinggal Kamu untuk jual makanan itu. Diluar itu, menu yang Kamu menawarkan dapat bermacam, diantaranya bubur ayam, nasi uduk, nasi kuning, serta gorengan. 

Bila Kamu telah beristri, menu itu gampang di buat, bukan? 

Modal yang butuh Kamu punyai untuk mulai usaha ini sekitaran Rp 4 juta per bulan. Sekitaran 80% uang itu untuk beli bahan baku, umpamanya telur, beras, daging ayam, tahu, tempe, serta sayuran. 

Bekasnya untuk beli bahan bakar serta transportasi. Dengan modal sebesar itu, Kamu berpeluang memperoleh pendapatan bersih sebesar Rp 2 juta per bulan. 

4. Jual photo di internet 

Bila Kamu hoby photografi, Kamu dapat hasilkan uang dari beberapa photo yang Kamu hasilkan. Langkahnya yaitu dengan jual photo itu dengan on-line.  

Untuk step awal, coba dua website penjualan photo terpuler ini : Istockphoto. com (komisi 15% per photo) serta ShutterStock. com (komisi 20-30%). Kemudian, bebrapa website beda yang dapat dicoba yaitu Fotolia. com serta StokFresh. com. 

Sediakan juga akun PayPal Kamu supaya Kamu gampang terima komisi yang didapat dari bebrapa website itu. 

Modal yang butuh Kamu sediakan untuk usaha sambilan ini bisa disebut tanpa ada modal. Asumsinya Kamu memakai camera digital yang Kamu punyai serta dana koneksi internet dimasukkan dalam biaya bulanan Kamu. 

5. Buat blog 

Kamu sadari atau tidak, ngeblog tengah ngetren dalam lima th. paling akhir. Oleh karenanya, ngeblog dapat Kamu untuk jadikan pekerjaan sambilan untuk hasilkan uang penambahan. 

Misalnya, waktu aku jadi karyawan swasta dahulu, aku lakukan hal itu. 

Pondasi untuk hasilkan banyak uang dari situs (blog) yaitu tulisan berkwalitas. Kamu dapat cobanya dengan menulis tulisan sesuai sama pekerjaan Kamu saat ini. 

Jadi contoh, bila Kamu bekerja jadi teknisi listrik, Kamu dapat buat situs (blog) dengan tema kelistrikan. Kiat ini juga akan mempermudah Kamu dalam pembuatan tulisan. 

Kenapa? Simpel saja, karna Kamu sudah mengetahui serta alami apa yang akan ditulis. 

Berita bagus yang lain yaitu modal yang butuh Kamu siapkan untuk mulai ngeblog paling banyak Rp 1 juta satu tahun. Asumsinya, Kamu beli domain serta hosting di penyedia hosting lokal, serta buat tulisan sendiri. 

Bahkan juga, dapat tanpa ada modal bila Kamu memakai basis situs (blog) gratisan, umpamanya Blogspot. com. 

Situs (blog) hasilkan uang dari tempat mana saja? Silahkan dapatkan jawabannya pada tulisan aku di Blogodolar yang berjudul 10 Langkah Hasilkan Uang dari Situs (blog) Berbahasa Indonesia Kamu. 

Sebatas info, bila Kamu menginginkan pelajari beberapa langkah membuat situs (blog) dari 0 sampai hasilkan uang, silahkan tekuni di e book aku yakni Make Money Blogging : Tips Step untuk Step Hasilkan Uang dari Situs (blog). 

6. Buat toko online 

Seperti halya ngeblog, buat toko on-line juga tengah ngetren. Satu diantara argumennya yaitu style belanja orang-orang saat ini yang mulai berubah ke style belanja on-line. 

Dipandang dari bagian barang yang di jual, Kamu dapat jual barang sendiri atau barang orang yang lain. Barang fisik yang umum di jual beberapa aktor toko on-line yaitu pakain, obat herbal, kerajinan ciri khas daerah, tas, serta kaos. 

Disamping itu, barang digital yang popular di jual yaitu e book, software, musik, theme, plugin, serta video tutorial. 

Modal yang butuh Kamu sediakan untuk buat toko on-line tidak besar. Jadi contoh, modal Kamu dapat seperti modal ngeblog diatas bila Kamu dapat mendesain sendiri toko on-line Kamu. 

Janganlah cemas, karna saat ini banyak template gratis toko on-line. Meskipun mesti beli, banyak pula template yang harga nya dibawah Rp 300 ribu. 

Tidak ingin atau tidak dapat buat toko on-line sendiri berbasiskan situs? Tidak jadi masalah. Kamu dapat buat toko on-line di marketplace. Dua marketplace yang popular di Indonesia yaitu BukaLapak serta Tokopedia. 

Hal menarik beda tentang toko on-line yaitu Kamu tidak mesti ribet kirim barang bila Kamu memakai system dropshipping. Beberapa dropshipper-lah yang juga akan kirim barang itu ke konsumen Kamu. 

Satu diantara dropshipper lokal yang dapat Kamu cobalah yaitu Supplier. id. 

7. Layanan bersihkan motor 

Di lingkungan Kamu banyak yang memiliki motor? Bila ya, kenapa tidak Kamu cobalah buat layanan bersihkan motor. 

Type usaha sambilan ini relatif gampang di banding layanan bersihkan mobil. Dari bagian perlengkapan juga cukup simpel, Kamu cuma butuh sediakan pompa air, kompresor, kain lap, shampoo motor, serta perlengkapan semir ban motor. 

Disamping itu, dari bagian modal, Kamu cukup mempunyai Rp 2 juta untuk mempunyai layanan bersihkan motor simpel. Modal ini semakin besar (Rp 10 juta) bila Kamu menginginkan buat layanan bersihkan motor yang lebih profesional. 

Alokasinya yaitu Rp 2 juta untuk sewa tempat, Rp 5 juta untuk beli perlengkapan, serta Rp 3 juta untuk upah seseorang pegawai serta cost operasional. 

8. Jual beli motor bekas 

photo motor bekas 

Jual beli motor sisa dapat juga Kamu cobalah untuk mulai usaha sambilan. Terkecuali tidak merepotkan, usaha sambilan ini mempunyai suplai serta permintaan yang besar. 

Kenyataannya, menurut majalah Kontan, penjualan motor Honda untuk bulan Maret 2015 menjangkau 386. 100 unit. 

Kekurangan usaha ini yaitu banyak motor yg tidak lengkap surat-surat kendaraannya, onderdil aslinya telah ditukar dengan yang palsu, serta hasil curian.  

Untuk mulai jual beli motor, Kamu tidak harus mempunyai modal besar. Bahkan juga, Kamu tidaklah perlu modal uang bila Kamu jadi makelar. 

Cukup hanya modal keyakinan saja, Kamu dapat memperoleh beberapa keuntungan. Umpamanya, motor sisa punya tetangga Kamu menawarkan ke beberapa rekanan kerja Kamu. 

Satu diantara mereka beli motor itu hingga Kamu memperoleh beberapa keuntungan. Belum juga apabila Kamu memperoleh komisi dari pemiliki motor itu. 

Bila juga mesti keluarkan modal, awalilah dengan beli motor sisa dibawah Rp 10 juta. Dengan modal itu, Kamu dapat mempunyai dua motor bebek sisa yang siap di jual. 

Tentang harga, kadang-kadang awasi harga motor sisa dengan on-line. Umpamanya saja, harga motor sisa Yamaha di OLX. co. id. 

9. Buat warkop sederhana 

Inspirasi usaha sambilan beda yang dapat Kamu cobalah yaitu buat warung kopi (warkop) simpel. Usaha ini begitu pas apabila tempat tempat tinggal Kamu atau tempat yang Kamu sewa terdapat di sekitar universitas atau lokasi industri. 

Dengan hitung-hitungan diatas kertas, usaha warkop begitu menjanjikan karna keuntungan yang didapat dapat berlipat ganda. 

Jadi contoh, modal satu gelas kopi yaitu Rp 2. 000 serta Kamu menjualnya seharga Rp 4. 000. 

Diluar itu, Kamu juga dapat jual minuman dan makanan beda, seperti juice, teh manis, gorengan, serta mie instan rebus/goreng. Menarik bukan? 

Tidak cuma itu, warkop simpel ini dapat Kamu perbesar nanti bila omsetnya selalu jadi bertambah. 

Dengan hal tersebut, mungkin saja saja Kamu ikuti jejak Yayank S. Sahara yang berhasil melakukan bisnis kedai kopi sekelas kedai kopi merk terkenal. 

Berapakah modal yang dibutuhkan untuk mulai usaha warkop simpel? Kamu dapat mengawalinya dengan modal Rp 10 juta. 

Uang itu beberapa besar dialokasikan untuk beli beberapa perlengkapan (gelas, sendok, kursi, meja, dan sebagainya) serta menyewa tempat bila bukanlah memakai tempat tinggal Kamu. 

10. Layanan design grafis 

Kamu karyawan yang bekerja di perusahaan design grafis atau suka pada design grafis? Kamu dapat hasilkan uang dari ketrampilan itu. 

Jadi contoh, Kamu dapat buat layanan design kartu nama, logo, pakaian, maskot, poster, booth serta interior. 

Janganlah cemas bila di lingkungan tempat kerja Kamu belum juga atau tak ada konsumennya. Kamu dapat memakai pasar desainer on-line yang berada di Indonesia, seperti Sribu. com serta Proyeks. co. id. 

Apabila dapat berbahasa Inggris, Kamu dapat coba pasar desainer internasional untuk mencapai customer yang lebih luas. 

Sebagian website luar negeri yang umum dipakai desainer graifis Indonesia yaitu 99designs. com, Elance. com, serta Upwork. com (dahulu bernama Odesk. com). 

Tentang modal, bila Kamu memakai pasar design on-line, Kamu cukup miliki uang untuk membayar koneksi internet saja selama Kamu memakai piranti atau software design yang Kamu punyai. 

Terutama, bila Kamu teratur setiap bulan keluarkan dana untuk internetan, dapat disebut layanan design grafis on-line ini tanpa ada modal. 

Penutup 

Modal kecil harusnya bukanlah jadi penghalang Kamu dalam mempunyai usaha sambilan karna banyak usaha sambilan untuk karyawan bermodal kecil. 

Jadi, tentukan satu diantara 17 inspirasi usaha sambilan diatas yang pas dengan kondisi serta keadaan Kamu. 

Kemudian, buat rancangan bisnisnya hingga Kamu dapat mengelola usaha sambilan itu dengan baik, tanpa ada mengganggu produktivitas kerja Kamu jadi karyawan.

Komentar

Postingan Populer