Cek Status STR Online

Cek Status STR Online

Cek Status STR Online - Perlukah pakar gizi mempunyai STR sesudah lulus atau ketika juga akan melamar pekerjaan? 

Jawabannya tentu bermacam, namun dengan STR berikut semuanya pintu juga akan terbuka lebar karna STR adalah tanda dia mengaku keprofesian (Pakar Gizi) oleh Majelis Tenaga Kesehatan Indonesia (The Indonesian Health Profession Board) hingga dalam kriteria berkas tentu senantiasa jadi prasyarat. Karenanya kenapa tidak buat STR lebih awal. Terlebih STR dapat diserahkan lewat on-line lewat situs yang disiapkan MTKI yakni http :// www. mtki. kemkes. go. id dengan menu yang ada : 

Susunan Organisasi 
Registrasi. 

Nah menu berikut yang juga akan dipakai untuk isi “form online” untuk mengajukan STR nanti, pada menu ini tempat di mana berkas juga akan di unggah. 

Check Status, menu ini juga akan memberi Info dengan memasukan kode/nomor berkas serta tanggal Lahir terlebih dulu dan memberitahukan berkaitan 9 komponen perlu mencakup : 
a. nama yang memajukan STR 

b. No STR 

c. Tanggal berkas Masuk MTKP 

d. Tanggal Berkas di kirim ke MTKI 

e. Tanggal Berkas masuk MTKI 

f. Tanggal Kesepakatan STR (Catatan : Perkiraan STR usai sistem paling cepat 18 hari kerja dihitung dari tanggal Kesepakatan STR). 

g. Masa Berlaku STR 

h. Tanggal Kirim STR ke MTKP 

i. Tanggal Terima STR di MTKP. 

Buku Manual, tipsnya dapat di unduh disini untuk panduan beberapa langkah pengisian form on-line serta langkah menggunggah berkas yang disuruh. 
● Berapakah lama STR itu diolah bila lewat registrasi on-line lewat http :// www. mtki. kemkes. go. id? 

Pengalaman aku sesudah meng-upload berkas serta membayar Rp. 100. 000 untuk cost Registrasi yang diperuntukkan pada NOMOR REKENING 0193-01-001-868-307 atas nama BPN PUSTANSERDIK BERKELANJUTAN sekitaran nyaris 4 bulan. Tetapi ada masalah pada system hingga keseluruhan saat untuk memperoleh STR yaitu 6 bulan termasuk juga sistem legalisirnya. Untuk ketahui kehadiran berkas STR dengan mengklik menu “cek status” jika STR telah ada di MTKP baru STR dapat di ambil. 

●Apa yang perlu disiapkan bila menginginkan registrasi STR lewat mtki. kemkes. go. id? 

(Untuk gizi) 

tersebut ada yang perlu disiapkan berbentuk soft copy serta hard copynya. Sesuai dengan form onlinenya. Persiapannya yaitu : 

Print out Formulir 1a serta lembar 1 serta 2 (juga akan tampak sesudah lakukan pengisian form on-line). 
Unggah Photo Resmi Close up Latar belakang Merah. 

Fot Copy Transkrip Nilai Yang telah dilegalisir 2 lembar 

Bukti Bayar Asli dari Bank BRI (Baiknya Lewat Teller karna yang disuruh slipnya), fotocopy juga untuk dokumentasi. 

Surat Info Sehat dari Dokter yang sudah mempunyai SIP (Dapat datang ke Puskesmas, Dokter Pribadi atau dokter paling dekat yang mempunyai SIP). 

Cocok Photo 4 x 6 (Latar belakang merah), aku mempersiapkan 4 lembar. 

● Sesudah Persiapan berkas terkumpul serta telah membayar setelah itu bagaimana? 

Juga akan keluar bukti pendaftaran Registrasi on-line dengan posisi : 

nomor pendaftaran 
nama 

profesi 

Alamat Korespondensi (baiknya ketika pengisian form on-line sesuai dengan KTP saja untuk mempermudah). 

● Apakah berkasnya mesti diantar? 

Sudah pasti diantar lewat pos ke Majelis Tenaga Kesehatan Propinsi DKI Jakarta 

Dinas Kesehatan Prov Jakarta 

Jl. Kesehatan No. 10 Jakarta Pusat 

Lalu, sesudah pengiriman, silakan Check Status di mtki. kemkes. go. id. 

selamat menanti untuk sistem STRnya. 

●Dimana ambil STR? 

Terlebih dulu yakinkan 9 komponen ketika check status terisi semuanya. Karna aku mendaftar di MTKP Jakarta hingga aku ambil STR aku di MTKP DKI Jakarta, tempatnya di Dinas Kesehatan Propinsi Jakarta Jl. Kesehatan No. 10 Jakarta Pusat. 

● Tempatnya di mana itu? Untuk akses dari Serasi Central Busway dapat memakai busway ke arah tomang turun di hale petojo lalu jalan kaki. 

Bila dari stasiun juanda dapat memakai bajaj, ojek, ojek on-line atau jalan kaki bila kemauan karna jarak dari Stasiun juanda cuma 1, 06 km. 

● Sesudah tiba Di MTKP DKI Jakarta mesti menuju kemana? 

Sesudah tiba di MTKP masuklah ke arah lobby Paling utama serta datangilah satpam yang duduk jadi front office lalu katakan kepentingan ingin ke MTKP ingin ambil STR. Kemudian juga akan diberi nomot antrian serta diarahkan menuju Lantai 3 dengan memakai Lift. 

● Jadi, mesti jam berapakah menuju ke MTKP DKI Jakarta? 

Office Hour nya ialah dari jam 7 Pagi hingga jam 4 sore, tetapi sesudah aku datang kesana, mulai di buka pada pukul 7. 30 pagi hingga jam 3 sore saja untuk service pengambilan STR, Mengajukan STR, maupun konsultasi problem STR. 

● Sesudah memperoleh nomor antrian, apa yang perlu dikerjakan? Ya sudah pasti menanti di panggil, karna kursi untuk menanti begitu terbatas, baiknya siapkan alas duduk bila antriannya begitu banyak, dapat juga buat persiapan charger untuk gadget karna akhirnya memanglah lama sekitaran 1-4 jam untuk menanti antrian. 

● Menanti antrian lama, buat perut keroncongan serta membutuhkan konsumsi kalori, adakah kantin? 

Tenang, di dekat parkiran ada fotocopy serta kantin yang sediakan kudapan salah satunya gado-gado, depot sate kambing, bermacam juice serta nasi rames tinggal sesuaikan dengan selera. 

(Catatan : Sekalian singgah ke Photo Copy untuk beli Map berwarna Biru (Untuk Gizi), Merah (Untuk Perawat) karna tentu disuruh oleh stafnya apabila STR telah jadi juga akan disuruh fotocopy 5 lembar, 3 lembar untuk legalisir nanti), bila tidak ingin beli segera map nya dapat disiapkan dari tempat tinggal membawa map nya sesuai sama profesi. Serta selamat STR nya telah jadi. 

● Berapakah lama saat legalisir STR? 

1 minggu sesudah pengambilan STR diwajibkan membawa legalisirnya. 

●Kalau domisilinya jauh namun menginginkan segera apply di MTKP DKI Jakarta tetapi masalahnya tidak dapat ambil STR, Bolehkah Pengambilannya diwakilkan?  

Bisa, dengan prasyarat menyerahkan Surat Kuasa bermaterai yang didapatkan pada yang ingin ambil STRnya. 

Contoh STR Perawat

● Apa hikmah atau pelajaran yang dapat di ambil dari registrasi STR On-line lewat MTKI? 

Dengan perspektif aku : 

Pemberitahuan e-mail dari MTKI belum juga terang untuk memberi info kalau pengambilan STR mesti di ambil di MTKP. Serta aku sangka STRnya di kirim ke tempat tinggal #maunya namun memanglah mesti ada pengorbanan serta ada hal-hal lain yang berarti, menaikkan pengalaman serta dapat sharing panduan serta info beda untuk menolong beberapa rekanan yang belum juga serta tidak mempunyai STR. 
Akhirnya memanglah lama, tetapi dengan jangka waktu yang lama jadikan STR ini bernilai kalau demikian perlunya pernyataan keprofesian. 

Senantiasa ada keringanan di balik kesulitan. 

Indonesia butuh Beberapa orang Manajerial untuk menjawab sebagian kritikan, input, komplain medsos, komplain kenyataan serta komplain menanti. Mudah-mudahan nantinya tambah baik serta akhirnya lebih cepat. 

Terimakasih MTKI telah memfasilitasi. 

Salam hangat dari Kota Hujan.

Komentar

Postingan Populer